Senin, 18 Maret 2013

Kunci Hidayah


KUNCI HIDAYAH

            Allah selalu member hidayah kepada semua manusia, tetapi tidak semua mereka mau menerimanya, seperti kaum Tsamud (Fussilat 41:17). Agar hidayah Allah yang diberikan lewat para Rasul tersebut bermanfaat bagi kita, hendaknya kita menanggapinya dengan sikap dan perilaku positif pula. Diantara hal-hal yang dapat memudahkan masuknya hidayah yaitu :
1.      Bertobat dari kesalahan dan kembali ke jalan Islam.

Artinya : Orang-orang kafir berkata: "Mengapa tidak diturunkan kepadanya (Muhammad) tanda (mukjizat) dari Tuhannya?" Katakanlah: "Sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang Dia kehendaki dan menunjuki orang-orang yang bertaubat kepada-Nya"  
(QS. Ar-Ra’d (13) : 27)

2.      Lapang dada menerima tuntunan Dinul Islam.

Artinya : “Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Dan barangsiapa yang dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.” (QS. Al-An’am (6) : 125)

3.      Berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah meskipun banyak orang  yang tidak mengamalkan dan membenci

Artinya :Bagaimanakah kamu (sampai) menjadi kafir, padahal ayat-ayat Allah dibacakan kepada kamu, dan Rasul-Nya pun berada di tengah-tengah kamu? Barangsiapa yang berpegang teguh kepada (agama) Allah, maka sesungguhnya ia telah diberi petunjuk kepada jalan yang lurus. “ (QS. Ali Imran (3) : 101)

4.      Mengikuti setiap hidayah yang disampaikan Rasulullah SAW tanpa menawar-nawar


Artinya : Katakanlah: "Hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, yaitu Allah Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya) dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk.”
(QS. Al-A’raf (7) : 158)



Artinya : Katakanlah: "Taat kepada Allah dan taatlah kepada rasul; dan jika kamu berpaling maka sesungguhnya kewajiban rasul itu adalah apa yang dibebankan kepadanya, dan kewajiban kamu sekalian adalah semata-mata apa yang dibebankan kepadamu. Dan jika kamu taat kepadanya, niscaya kamu mendapat petunjuk. Dan tidak lain kewajiban rasul itu melainkan menyampaikan (amanat Allah) dengan terang." (QS. An-Nuur (24) : 54)

5.      Berjihad (sungguh-sungguh dengan harta dan jiwa dalam mencari ridha Allah)


Artinya :Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-Ankabut (29) : 69)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar