Rabu, 14 Mei 2014

Menyiapkan bekal untuk masa depan


Dasarnya:
1.        QS. Al Hasyr, 59: 18
       Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kpd Alloh dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kpd Alloh, sesungguhnya Alloh Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”.
2.       Kata Mutiara
مَنْ عَرَفَ بُعْدَ السَّفَرِ إِسْتَعَدَّ
Siapa yang mengetahui jauhnya perjalanan, maka ia pasti bersiap-siap
(membawa bekal).
إِنْ تَزْرَعْ تَحْصُدْ
Jika kamu menanam, maka akan menuai
Penjelasan
1.        Wahai remaja dan pemuda, masa depan kita  masih panjang sementara bekal blm seberapa (cukup). Untuk itu, mari diisi usia yg masih potensial ini untuk mencari bekal sebanyak-banyaknya dan sesiap mungkin, baik bekal untuk kehidupan dunia yang ada di depan mata, serta bekal untuk akhirat yang akan datang sewaktu-waktu.
2.        Jika kita akan pergi jauh (rihlah/picnic, merantau, safar dll), pasti kita akan menyiapkan bekal yang cukup bahkan lebih untuk menyambung kehidupan selanjutnya.
3.        Demikian jg dengan masa depan kita yang masih jauh (baik masa depan dunia dan masa depan akhirat yang kekal) dan jelas menghadang di depan mata, maka jelas membutuhkan bekal yang cukup.
4.        Qs. Al Hasyr: 18 menjelaskan bagamaimana orang beriman diminta agar menyiapkan bekal untuk kehidupan masa yang akan datang.Islam sangat memperhatikan kpd ummatnya untuk memperhatikan kehidupan masa depan.
5.        Oleh karena itu, marilah kita berlomba-lomba untuk mencari bekal sebanyak mungkin, terutama bekal untuk masa depan akhirat disamping bekal untuk masa depan dunia.
6.        Jangan tertipu dengan kesenangan sesaat yang dapat merugikan masa depan kita (larut dlm kemaksiatan yang menyenangkan).
7.        Yakinlah, bahwa siapa yang menanam pasti akan menuai, apapun tanamannya dan bagamimanapun hasilnya. Yang menanam kebaikan akan menuainya, dan yang menanam kejelekan jg akan menuainya.
8.        Untuk adik-adik remaja, ayo perbanyak bekal untuk hari depan dengan ilmu-ilmu-ilmu dan amal, masamu adalah masa-masa untuk belajar dan mencari ilmu. Dengan ilmu;
1)     akan membaguskan amalmu,
2)     akan memperbaiki keadaanmu,
3)     akan menjaga kehormatanmu,
4)     akan memudahkan jalan harta yang kamu cari,
5)     akan meninggikan derajatmu di sisi Alloh dan manusia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar