Jumat, 09 Mei 2014

Manusia yg paling beruntung


7.   Manusia yg paling beruntung
Dasar :
1.     QS. Al Ashr,103: 1-3
2.     Hadis riwayat At Tirmidzi
خَيْرُ النَّاسِ مَنْ طَالَ عُمْرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ,
 وَ شَرُّ النَّاسِ مَنْ طَالَ عُمْرُهُ وَسَاءَ عَمَلُهُ (الترمذى)
Sebaik-baik manusia adalah yang panjang umurnya dan baik/bagus amalnya, dan sejelek-jelek manusia adalah yang panjang umurnya dan jelek/buruk amalnya (HR. Tirmidzi)
Nasehat yang dipetik
1.   Waktu ada tiga; yang lalu, sekarang dan yang akan datang.
a.    Waktu yang lalu; tidak akan kembali
b.   Sekarang; merupakan kenyataan apa yg sedang kita lakukan, kita dengarkan ataupun kita pikirkan
c.    Yang akan datang; masih bersifat ghaib, walaupun hanya satu detik, menit, jam, hari, pekan, bulan, tahun atau beberapa tahun. Manusia hanya berencana dan berharap.
2.   Bagi seorang muslim, waktu hendaklah hanya untuk beribadah (dalam bentuk ibadah apapun), sedang bagi orang kafir waktu hanya untuk mencari  kenikmatan dan mencari kekayaan (yg sebenarnya bersifat fana). Maka slogannya orang kafir : time is money. Muslim hendaknya tidak mengambil slogan ini mentah-mentah, karena akan menenamkan jiwa cinta dunia dan lupa akhirat. Slogan yg benar bagi orang msulim adalah “waktu ibarat pedang, jika kamu tidak menggunakannya untuk memotong, maka kamu akan terpotong (oleh pedang itu)”.
3.   Orang yang beruntung adalah yg bisa menggunakan waktu dengan sebaiknya-baiknya (banyak amal sholeh) dalam hidupnya.
4.   Orang yang rugi adalah yg menyia-nyiakan waktunya (banyak amal jelek/tidak bermanfaat) dalam hidupnnya.
5.   Selagi masih remaja/muda, mari mengisi hidup dengan banyak beramal sholih dan merencanakan masa depan (baik dunia maupun akhirat) dengan benar.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar